Pentingnya Melatih Bayi Tengkurap

Tengkurap menjadi momen penting untuk perkembangan motorik si kecil. Ini akan menjadi tonggak bagi perkembangan motorik selanjutnya. Begitu pentingnya tengkurap sehingga para ahli menyarankan agar para orang tua melatih si kecil melakukan posisi itu.

Dengan posisi tengkurap bayi kita akan belajar memaksimalkan fungsi tubuh bagian atas dan bawahnya. Ia akan belajar pula mengkoordinasikan gerak tubuhnya sehingga mampu menggunakan telapak tangannya ketika bertumpu. Selain itu, tengkurap dapat memberikan kesempatan pada tubuh bayi bagian belakang, yaitu punggung dan pantat untuk beristirahat.
Bayi bisa mulai diajarkan tengkurap saat ia berusia 3 bulan. Agar semangat berlatih tengkurap, sebaiknya latihan ini dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa dipraktekan:
Ikutlah tengkurap bersama bayi Anda. Tatap wajah mungilnya sambil mengajaknya bernyanyi atau bercanda. Suara Anda akan membuatnya semangat untuk berlatih setiap hari.
Letakkan si kecil dalam posisi tengkurap di atas dada Anda saat Anda berbaring terlentang. Ajaklah si kecil berbicara dan beri semangat pada usahanya untuk mengangkat kepala. Si kecil pasti akan berusaha mengankat kepala dan melihat wajah Anda.
Gunakan mainan untuk memancing si kecil. Tempatkan mainan favorit si kecil atau beberapa mainan di sekelilingnya beberapa jengkal di depannya, sehingga ia masih bisa melihat mainan tersebut. Bantulah ia meraih mainannya dengan mendorong badannya perlahan ke depan.
Jika usaha di atas masih belum bisa memicu si kecil mengangkat kepala, Anda bisa member penyangga seperti bantal di bawah dadanya, sementara posisi lengannya berada di depan dada. Atau , baringkan ia di paha Anda. Kemudian, perlahan angkat salah satu paha sebagai penyangga tubuh si kecil sehingga ia dapat mengangkat kepalanya. Selamat Mencoba!